Momentum Evaluasi Diri Dalam Perayaan Tahun Baru Islam

Tahun Hijriyah
Tahun Hijriyah

BERITA TERKINI, BOGOR -- Ketua MUI Kota Bogor, Jawa Barat, H Adam Ibrahim mengajak umat muslim untuk menjadikan malam pergantian tahun baru Hijriah 1435 H sebagai momentum merenungi, mengevaluasi diri dengan apa yang telah di capai dan apa yang ingin di capai.

"Kita harus bersyukur di malam pergantian tahun ini kita telah diperpanjangkan umurnya. Dan yang terpenting adalah evaluasi diri, merenungi apa yang telah diperbuat sepanjang tahun lalu," kata Adam dalam acara peringatan Tahun Baru Islam 1435 Hijriah yang dilangsungkan di Mesjid Raya Bogor, Senin.

Adam mengatakan, malam tahun baru Islam hendaknya disambut dengan membuat perencanaan apa yang akan dibuat di tahun mendatang.

"Jadikan malam tahun baru ini sebagai malam renungan, apa yang telah dicapai dan apa yang ingin dicapai di tahun depan," ujarnya.

Adam menjelaskan, renungan yang dimaksudkan adalah tahun lalu apakah raga atau jasad dan harta yang dimiliki oleh setiap individu apakah telah dipergunakan untuk amal kebaikan atau sebaliknya.

Sedangkan perencanaan tahun depan, umat muslim harus mempunyai perencanaan bahwa tahun yang akan datang ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Perayaan Tahun Baru Islam di Kota Bogor ditandai dengan Tablik Akbar yang dihadiri ratusan jamah di Mesjid Raya Bogor.

Tablik akbar yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bogor diisi dengan kegiatan pembacaan doa, zikir serta pembacaan ratib hadad.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat diantaranya, Wali Kota Bogor Diani Budiarto, Wakil Ketua DPRD Jajat Sudrajat, Pjs Sekretais Daerah Kota Bogor, Ade Sarif Hidayat, Kepala Kantor Agama, Achmad Sanukri, pimpinan SKPD dan Muspida Kota Bogor.

Turut hadir seluruh camat, serta lurah se Kota Bogor dan ratusan masyarakat muslim, majelis ta'lim, santri pondok pesantren dan perwakilan pelajar.

Tampil dalam tablik akbar sambut Tahun Baru Islam yakni KH Saegul Sardi Jayadi Pimpinan Pondok Pensantren Al Iman Cisarua, Kabupaten Bogor.

Sebelum Tablik Akbar diawali dengan pembacaan Ratib Hadad, zikir, pembacaan shalawat dan doa akhir tahun yang dibacakan oleh H Ade Syarmili selaku Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kota Bogor.

KH Saeful Sardi Jayadi mengajak seluruh umat Islam di Kota Bogor untuk menyambut kedatangan tahun baru islam yang diisi dengan syiar Islam.

No comments:

Post a Comment