Lagu “Desa” Ciptaan Iwan Fals Jadi Favorit Prabowo

LAGU "DESA" IWAN FALS
BERITA TERKINI, Sempat kaget juga saat ngobrol dengan Prabowo Subianto, ketika saya dipancing soal musik. Namanya juga mantan wartawan musik, meski ngomong topik politik, pertanyaan soal musik juga nggak boleh dilewatkan. 
Begitu halnya ketika ngobrol dengan Prabowo. Ternyata mantan Danjen Kopassus dan Pangkostrad ini mengaku suka musik walau mungkin wawasannya soal musik tidak sedasyat Gus Dur. 

“Saya suka musik, cuma tidak bisa memainkan alat musik,” katanya sambil tangan memperagakan orang genjrang-genjreng main gitar. Ia mengaku kenal baik dengan Abadi Soesman, personil Bharata Band, yang kini gabung di grup rock legendaris God Bless. 

Yang sama sekali diluar perkiraan saya bahwa ia mengaku menyukai lagu-lagunya Iwan Fals. Meski dalam amatan mantan Danjen Kopassus dan Pangkostrad ini lagunya Iwan Fals banyak kritik sosialnya, menurutnya banyak juga lagunya yang kritiknya bersifat membangun. 

Prabowo mengaku sangat apresiatif terhadap penyanyi yang punya daya kritis dalam melihat persoalan bangsa yang diekspresikan dengan cara kritik membangun. 

“Seperti lagu apa itu, Wakil Rakyat. Itu khan lagu bagus, mengkritis secara konstruktif kinerja anggota wakil rakyat di lembaga legislatif,” kata Prabowo yang di kalangan intern akrab dipanggil PSD, singkatan dari mana lengkapnya Prabowo Subianto Djojohadikusumo. 

Ketika ditanya yang paling disukai dari lagu-lagu Iwan Fals, “Lagu berjudul “Desa”,” jawabnya secara spontan tanpa perlu berpikir panjang untuk menentukan pilihan dari puluhan lagu karya Iwan Fals. Karena dianggap lagu “Desa” yang ada di album “Manusia ½ Dewa” ini sangat pas dengan visi dan misinya mengenai pembangunan desa. 

Bahkan lagu “Desa” Iwan Fals ini menjadi program unggulan partai Gerindra, ujarnya. Lalu, capres dari partai Gerindra ini memaparkan cukup panjang lebar visinya mengenai lagu “Desa” versinya. Sementara saya hanya jadi pendengar Prabowo menyanyikan lagu “Desa” versinya. Karena tidak mungkin saya menuliskannya secara lengkap lagu “Desa” versi Prabowo, karena terlalu panjang, mendingan saya cuplik saja lirik lagu “Desa” Iwan Fals, toh sama saja inti dan pesannya sebagaiman tersirat antara lagu “Desa” versi Prabowo dengan “Desa”-nya Iwan Fals;     

Desa harus jadi kekuatan ekonomi
Agar warganya tak hijrah ke kota
Sepinya desa adalah modal utama
Untuk bekerja dan mengembangkan diri
Walau lahan sudah menjadi milik kota
Bukan berarti desa lemah tak berdaya
Desa adalah kekuatan sejati
Negara harus berpihak pada para petani
Desa adalah kenyataan
Kota adalah pertumbuhan
Desa dan kota tak terpisahkan
Tapi desa harus diutamakan
Di lumbung kita menabung
Datang paceklik kita tak bingung
Masa panen masa berpesta
Itulah harapan kita semua

* Alex Palit, citizen jurnalis “Jaringan Pewarta Independen”, penulis lirik lagu, pendiri dan admin grup facebook “Forum Apresiasi Musik Indonesia” (Formasi)

Sumber: tribunnews.com

No comments:

Post a Comment