14 Tanda Jerawat Untuk Mengetahui Gangguan Kesehatan


TIPS, Wanita bertanya, Saya selalu diserang jerawat sebulan sekali sebelum “tamu langganan” saya datang. Gak tanggung-tanggung loh, satu jerawat bisa sampai sebesar butiran beras dan tempatnya selalu disitu-situ aja. Ugh.. Menurut dokter saya, ini disebabkan ketidakstabilan hormon dalam tubuh. Namun, ternyata menurut informasi yang saya baca di situs http://www.jerseybeautycompany.co.uk, letak jerawat di wajah bisa juga sebagai signal bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh kita! Ini yang disebut Face Mapping atau Pemetaan Wajah. Ilmu ini sudah lama dan merupakan gabungan antara Ayurveda dan pengobatan Cina kuno yang menjelaskan bahwa bagian-bagian tertentu dari wajah Anda terhubung ke area lain dari tubuh Anda. Singkatnya, bayangkan wajah Anda sebagai peta dan jerawat ibaratnya tanda “X” pada peta harta karun. Jerawat di bagian berbeda artinya juga masalah yang berbeda. Jadi, ini bisa menjadi panduan Anda untuk mengatasi penyebab jerawat, bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam. Cukup mengagumkan, yaa? Nah, berikut adalah gambar letak jerawat di wajah dan artinya.
 
Zona 1 & 2:  Sistem Pencernaan 
Kurangi makan makanan olahan atau junk food, kurangi jumlah lemak dalam diet Anda. Tingkatkan asupan air dan makanan yang bersifat mendinginkan seperti mentimun.

Zona 3: Hati 
Berhenti mengkonsumsi alkohol, makanan berminyak dan susu. Ini adalah zona dimana alergi makanan pertama kali muncul, jadi cek bahan-bahan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, lakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari dan istirahat yang cukup sehingga hati Anda juga dapat beristirahat.

Zona 4 & 5: Ginjal
Apapun yang muncul disekitar mata (termasuk lingkaran hitam) menunjukkan dehidrasi. Segeralah minum air putih!

Zona 6: Jantung 
Periksa tekanan darah Anda dan tingkatkan konsumsi Vitamin B. Kurangi asupan makanan pedas, daging dan hirup udara yang lebih segar. Selain itu, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara untuk menurunkan kolesterol, seperti mengganti "lemak jahat" dengan "lemak baik" (Omega 3 dan 6 ditemukan dalam kacang-kacangan, alpukat, ikan dan biji rami). Juga, karena biasanya pori-pori di daerah ini cenderung melebar, periksa tanggal kadaluawarsa makeup Anda supaya kulit wajah tidak rusak atau tersumbat.

Zona 7 & 8: Ginjal 
Sekali lagi, minumlah! Dan kurangi minuman soda, kopi dan alkohol karena ini akan menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

Zona 9 & 10: Sistem pernapasan 
Apakah Anda merokok? Alergi sesuatu? Ini adalah daerah yang rawan kedua masalah ini. Jika Anda tidak merasa melakukan keduanya; jangan biarkan tubuh Anda kepanasan, makan makanan yang bersifat mendinginkan, kurangi gula dan cari udara yang lebih segar. Juga jaga tubuh lebih basa dengan menghindari makanan yang membuat tubuh asam (daging, susu, alkohol, kafein, gula), dan makan lebih banyak makanan basa seperti sayuran hijau dan jus lemon. Oh iya, ponsel yang kotor dan sarung bantal juga merupakan biang kerok munculnya jerawat di daerah ini loh sista!

Zona 11 & 12: Hormon
Area sepanjang rahang Anda ini adalah zona stres dan perubahan hormonal. Walaupun kadang-kadang keduanya susah untuk dihindari, Anda dapat mengurangi efeknya dengan tidur yang cukup, minum banyak air, makan sayuran hijau dan menjaga kulit agar tetap bersih. Satu hal menarik: jerawat di daerah ini juga menunjukkan kalau Anda sedang berovulasi (dan pada sisi bagian mana ;).

Zona 13: Perut 
Perbanyak asupan serat agar mengurangi kelebihan racun dan minum teh herbal untuk membantu pencernaan.

Zona 14: Penyakit 
Jerawat di sini bisa jadi pertanda bahwa tubuh Anda sedang memerangi bakteri untuk menghindari penyakit. Beristirahatlah, ambil kelas yoga, tidur siang, luangkan waktu untuk bernapas dalam-dalam, minum banyak air dan pasrahkan problem-problem Anda pada Yang Maha Kuasa.
 
Jadi lain kali jika Anda melihat jerawat di sekitar mata, cek artikel ini: Kulit Anda mungkin mencoba menginfokan sesuatu yang tidak beres pada organ internal, seperti dehidrasi. Namun ingat, seperti semua masalah medis, yang terbaik adalah segera konsultasikan pada dokter atau dermatologist Anda untuk diagnosa yang tepat. Ini hanyalah panduan umum agar Anda selalu waspada yaa! Hanya karena ada jerawat muncul di antara alis bukan selalu berarti liver Anda rusak loh sista! 

No comments:

Post a Comment