Mobil Listrik Canggih Produksi Dalam Negeri

BERITA TERKINI, Surabaya- Kementerian Riset dan Teknologi menyatakan teknologi baterai untuk mobil listrik masih mempunyai ruang yang cukup besar untuk riset dan terus berkembang menjadi lebih efisien ke depannya.

Asisten Deputi IPTEK Pemerintah Kementerian Riset dan Teknologi Pariatmono di Surabaya, Senin, mengatakan jika memakai skala satu sampai seratus, maka perkembangan baterai mobil listrik di Indonesia baru mencapai angka 20, sedangkan di tingkat dunia baru di angka 30.

"Baterai merupakan jantung dari mobil listrik. Tingkat kejenuhannya masih rendah sehingga masih bisa berkembang," katanya ketika melakukan uji coba purwarupa mobil listrik di Surabaya.

Purwarupa mobil listrik yang menjalani uji coba mobil listrik sport Selo, buatan rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam, Yogyakarta, dan dua purwarupa mobil listrik buatan Dasep Ahmadi asal Depok berupa citycar listrik dan bus listrik.

Ketiga purwarupa mobil listrik dilepas dari depan Gedung Pemerintah Kota Surabaya dan diuji coba kendara di jalanan sekitar kompleks Pemkot.

"Saat ini, teknologi baterai mobil listrik yang dikembangkan oleh Indonesia bisa digunakan menempuh 200 kilometer dalam satu kali pemakaian," kata Pariatmono.

Yang menjadi kelemahan dalam pengembangan mobil listrik saat ini adalah ukuran baterai yang besar dan bobotnya yang berat sehingga mempengaruhi performa kendaraan.

"Oleh karena itu dibutuhkan baterai yang ringan namun mempunyai tenaga yang besar," kata Pariatmono.

Tahun depan, Kemenristek menargetkan bisa mengembangkan baterai dengan kapasitas 200 watt jam per kilometer, sedangkan jika sudah masuk proses industrialisasi, teknologi baterai kemungkinan bisa memiliki daya hingga 500 watt jam per km.

"Kalau tercapai, Indonesia bisa menjadi yang paling depan dalam teknologi baterai," kata Pariatmono.  (A059/E011)

1 comment:

Unknown said...

Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Taiwan hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn




Post a Comment