Mengapa Rakyat Afrika Selatan Takut Ikuti Mandela Pakai Batik?

BERITA TERKINI, Kabar duka cita disiarkan sejumlah media massa: Nelson Mandela menghadap Sang Pencipta. Setelah sekian lama berjuang melawan penyakit paru-paru yang dideritanya, peraih Hadiah Nobel Perdamaian itu pun pergi.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla secara khusus mengucapkan terima kasih kepada mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela. Presiden kulit hitam pertama di Afsel itu dinilai telah berjasa memperkenalkan batik Indonesia di kancah internasional.

"Nelson Mandela lebih memperkenalkan batik kita di dunia internasional," kata Jusuf Kalla melalui keterangan pers yang diterima SH, Jumat (6/12).

Ketua Umum Palang Merah Indonesia itu mengakui keberanian Nelson Mandela memakai batik di acara-acara internasional.

"Dia berani memakai batik dalam sidang PBB. Kalau saya barangkali masih ragu memakai batik dan berbicara dalam sidang PBB, tapi dia tidak," kata Kalla.

Karena dia begitu dihormati rakyatnya, tidak ada satu pun warga atau pejabat pemerintahan Afsel yang berani memakai batik, selain Nelson Mandela.

"Saya pernah bertanya dengan Wakil Presiden Afsel, kenapa batik hanya dipakai Nelson Mandela. Dia bilang, rakyatnya takut memakai baju itu karena itu dianggap sebagai baju Mandela, sehingga kalau dipakai bisa bahaya," ujar Kalla.

Kecintaan Nelson Mandela akan batik memang diungkapkan lewat aksi nyata. Dia mengenakan batik dalam berbagai acara resmi, bahkan internasional. 

Sumber: shnews.co

No comments:

Post a Comment