Jadi Capres, Elektabilitas Jokowi Terus Meningkat Hingga 35.9 Persen

BERITA TERKINI - Keunggulan gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden bukan hanya di pikiran masyarakat. Bahkan, ketika masyarakat disodorkan sejumlah nama-nama yang sudah menyatakan mau maju sebagai capres, termasuk ketua partai, Jokowi masih tetap teratas.

Hal itu terekam dari pertanyaan semi terbuka terhadap 27 nama capres, merujuk hasil survei Indikator Politik Indonesia terhadap 1200 responden di 34 provinsi sepanjang 10-20 Oktober 2013. Hasilnya, dalam pertanyaan semi terbuka Jokowi dapat 35.9 persen.

"Dalam pertanyaan terbuka dan jawaban top of mind, Jokowi, Prabowo, Aburizal dan Wiranto masuk empat besar," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi saat merilis survei "Kualitas Personal dan Elektabilitas Capres" di Jakarta, Minggu (1/12/2013).

Setelah Jokowi, menyusul Aburizal 11, 4 persen, Prabowo 11, 4 persen, Wiranto 7,8 persen, Megawati 5, 9 persen, Jusuf Kalla 3, 9 persen, Mahfud MD 1,6 persen, Rhoma Irama 1, 2 persen, Dahlan Iskan 1,0 persen. Sementara yang jawab nama lain 3,2 persen, sisanya 16, 6 persen belum tahu menjawab.

Menurut Burhanuddin, dari 27 nama, Jokowi mengalami pertumbuhan elektabilitas yang cukup signifikan. Mulanya, pada Oktober 2012, Jokowi masih berada di titik terendah. Tapi pada Desember Jokowi naik hampir ke angka empat persen. Masuk Maret dan April 2013, Jokowi naik di angka 10 persen.

Ia menambahkan, dari sekian nama kenaikan Wiranto yang notabene Ketua Umum DPP Hanura juga menarik. Dalam survei Oktober, Wiranto ada kemajuan dibanding dalam survei-survei sebelumnya. Bahkan selisihnya dengan Aburizal dan Prabowo dalam pertanyaan semi-terbuka tidak berbeda jauh.

"Sementara itu dalam 2013 ini, Megawati dan Prabowo, cenderung menurun dan Aburizal stagnan. Sebaliknya Jokowi naik tajam," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi sebagai capres top of mind teratas dengan 18.0 persen pilihan responden. Nama Jokowi muncul ketika pertanyaan terbuka, tanpa menyebut nama-nama capres, mengungguli Prabowo, Aburizal dan Wiranto.

Hasilnya, Jokowi mendapat 18,0 persen, Prabowo 6,9 persen, Aburizal 5,7 persen, Wiranto 4,2 persen. Bahkan, meski sudah dua kali menjadi Presiden Indonesia sehingga tidak berhak lagi untuk mencalonkan di periode berikutnya, nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tetap dipilih dengan 2,7 persen suara.

Menyusul setelah SBY, ada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla, dan nama-nama lainnya 5,6 persen. Tapi tetap saja, undecided voters yang menjawab belum tahu siapa capres mendatang di angka teratas dengan 53,2 persen.

Sumber:  tribunnews.com

No comments:

Post a Comment